Tugas
3.3 Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial (Corporate Social Responsibility)
Nama : Melni Septiani S
NPM : 25213440
Kelas : 4EB24
Corporate Social Responsibility
A.
Pengertian
Corporate Social Responsibility
CSR (Corporate
Social Responsibility) adalah suatu tindakan atau konsep yang dilakukan oleh
perusahaan (sesuai kemampuan perusahaan tersebut) sebagai bentuk tanggungjawab
mereka terhadap sosial/lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berada. COntoh
bentuk tanggungjawab itu bermacam-macam, mulai dari melakukan kegiatan yang dapat
meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan perbaikan lingkungan, pemberian
beasiswa untuk anak tidak mampu, pemberian dana untuk pemeliharaan fasilitas
umum, sumbangan untuk desa/fasilitas masyarakat yang bersifat sosial dan
berguna untuk masyarakat banyak, khususnya masyarakat yang berada di sekitar
perusahaan tersebut berada. Corporate Social Responsibility (CSR)
merupakan fenomena strategi perusahaan yang mengakomodasi kebutuhan dan
kepentingan stakeholder-nya. CSR timbul sejak era dimana kesadaran
akan sustainability perusahaan jangka panjang adalah lebih penting
daripada sekedar profitability.
CSR
merupakan konsep yang terus berkembang. Ia belum memiliki sebuah definisi
standard maupun seperangkat kriteria spesifik yang diakui secara penuh oleh
pihak-pihak yang terlibat di dalamnya. Secara konseptual, CSR juga
bersinggungan dan bahkan sering dipertukarkan dengan frasa lain,
seperti corporate responsibility, corporate sustainability, corporate
accountability, corporate citizenship dan corporate stewardship.
Menurut
Boone dan Kurtz pengertian tanggung jawab sosial secara umum adalah dukungan
manajemen terhadap kewajiban untuk mempertimbangkan laba, kepuasan pelanggan
dan kesejahteraan masyarakat secara setara dalam mengevaluasi kinerja
perusahaan. B. Tamam Achda mengartikan CSR sebagai komitmen perusahaan untuk
mempertanggung jawabkan dampak operasinya dalam dimensi sosial, ekonomi, dan
lingkungan serta terus menerus menjaga agar dampak tersebut menyumbang manfaat
kepada masyarakat dan lingkungan hidupnya.
Substansi
keberadaan CSR adalah memperkuat keberlanjutan perusahaan itu sendiri dengan
jalan membangun kerjasama antar stakeholder yang difasilitasi
perusahaan tersebut dengan menyusun program-program pengembangan masyarakat di
sekitarnya. Ada enam kecenderungan utama yang semakin menegaskan arti penting
CSR, yaitu meningkatnya kesenjangan antara kaya dan miskin, posisi negara yang
semakin berjarak kepada rakyatnya, semakin mengemukanya arti kesinambungan,
semakin gencarnya sorotan kritis dan resistensi dari publik yang terkadang
bersifat anti-perusahaan, tren ke arah transparansi, harapan bagi terwujudnya
kehidupan yang lebih baik dan manusiawi.
Lantos
menggunakan klasifikasi Carrol sebagai dasar untuk melihat pelaksanaan CSR pada
perusahaan yaitu:
1. Tanggung Jawab Ekonomi
Tanggung
jawab ekonomi artinya bahwa tetap menguntungkan bagi pemegang saham,
menyediakan pekerjaan yang bagus bagi para pekerjanya, dan menghasilkan produk
yang berkualitas bagi pelanggannya.
2. Tanggung Jawab Hukum
Setiap
tindakan perusahaan harus mengikuti hukum dan berlaku sesuai aturan permainan
3. Tanggung Jawab Etik
Menjalankan
bisnis dengan moral, mengerjakan apa yang benar, apa yang dilakukan harus fair
dan tidak menimbulkan kerusakan
4. Tanggung Jawab Filantropis
Memberikan
kontribusi secara sukarela kepada masyarakat, memberikan waktu, dan uang untuk
pekerjaan yang baik.
B.
JURNAL
YANG BERKAITAN
|
|
Nama
Jurnal
|
Jurnal
Manajemen Keuangan
|
Judul
Jurnal
|
Pengaruh
Corporate social responsibility terhadap persepsi Financial performance dengan
cutomer satisfaction sebagai variabel mediasi pada jasa perbankan di
Indonesia
|
Nama
Penulis
|
Farah
Margaretha dan rara ajeng pambudi
|
Tahun
jurnal
|
2014
|
Volume,
halaman
|
Volume
3 nomor 2
|
Variabel
|
Social
responsibility service, customer satisfaction dan persepsi financial
performance
|
Metode
penelitian
|
Seluruh
variabel diukur dengan skala likert
|
Tujuan
penelitian
|
1.
Untuk mengetahui pengaruh dari
corporate social responsibility terhadap customer satisfaction
2.
Untuk mengetahui pengaruh dari
corporate social responsibility terhadap customer satisfaction
|
Hasil
penelitian
|
Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang positif dan signifikan
antara corporate social responsibility
dengan , customer satisfaction secara langsung, adanya pengaruh yang
positif dan signifikan antara antara corporate social responsibility dengan , customer satisfaction dengan
financial Performance secara langsung serta adanya pengaruh yang positif dan
signifikan antara antara corporate social responsibility dengan financial performance dimediasi oleh
customer satisfaction
|
|
|
Nama
Jurnal
|
Jurnal
Manajemen Keuangan
|
Judul Jurnal
|
Pengaruh
Corporate social responsibility terhadap persepsi Financial performance dengan
cutomer satisfaction sebagai variabel mediasi pada jasa perbankan di
Indonesia
|
Nama
Penulis
|
Farah
Margaretha dan rara ajeng pambudi
|
Tahun
jurnal
|
2014
|
Volume,
halaman
|
Volume
3 nomor 2
|
Variabel
|
Social
responsibility service, customer satisfaction dan persepsi financial
performance
|
Metode
penelitian
|
Seluruh
variabel diukur dengan skala likert
|
Tujuan
penelitian
|
1.
Untuk mengetahui pengaruh dari
corporate social responsibility terhadap customer satisfaction
2.
Untuk mengetahui pengaruh dari
corporate social responsibility terhadap customer satisfaction
|
Hasil
penelitian
|
Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang positif dan signifikan
antara corporate social responsibility
dengan , customer satisfaction secara langsung, adanya pengaruh yang
positif dan signifikan antara antara corporate social responsibility dengan , customer satisfaction dengan
financial Performance secara langsung serta adanya pengaruh yang positif dan
signifikan antara antara corporate social responsibility dengan financial performance dimediasi oleh
customer satisfaction
|
REFERENSI
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar