Minggu, 11 Juni 2017

Tugas 3.3 Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial (Corporate Social Responsibility)


Tugas 3.3 Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial (Corporate Social Responsibility)
Nama              :   Melni Septiani S
NPM                25213440
Kelas               :  4EB24

Corporate Social Responsibility


A.      Pengertian Corporate Social Responsibility
CSR (Corporate Social Responsibility) adalah suatu tindakan atau konsep yang dilakukan oleh perusahaan (sesuai kemampuan perusahaan tersebut) sebagai bentuk tanggungjawab mereka terhadap sosial/lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berada. COntoh bentuk tanggungjawab itu bermacam-macam, mulai dari melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan perbaikan lingkungan, pemberian beasiswa untuk anak tidak mampu, pemberian dana untuk pemeliharaan fasilitas umum, sumbangan untuk desa/fasilitas masyarakat yang bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat banyak, khususnya masyarakat yang berada di sekitar perusahaan tersebut berada. Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan fenomena strategi perusahaan yang mengakomodasi kebutuhan dan kepentingan stakeholder-nya. CSR timbul sejak era dimana kesadaran akan sustainability perusahaan jangka panjang adalah lebih penting daripada sekedar profitability.
CSR merupakan konsep yang terus berkembang. Ia belum memiliki sebuah definisi standard maupun seperangkat kriteria spesifik yang diakui secara penuh oleh pihak-pihak yang terlibat di dalamnya. Secara konseptual, CSR juga bersinggungan dan bahkan sering dipertukarkan dengan frasa lain, seperti corporate responsibility, corporate sustainability, corporate accountability, corporate citizenship dan corporate stewardship.
Menurut Boone dan Kurtz pengertian tanggung jawab sosial secara umum adalah dukungan manajemen terhadap kewajiban untuk mempertimbangkan laba, kepuasan pelanggan dan kesejahteraan masyarakat secara setara dalam mengevaluasi kinerja perusahaan. B. Tamam Achda mengartikan CSR sebagai komitmen perusahaan untuk mempertanggung jawabkan dampak operasinya dalam dimensi sosial, ekonomi, dan lingkungan serta terus menerus menjaga agar dampak tersebut menyumbang manfaat kepada masyarakat dan lingkungan hidupnya.
Substansi keberadaan CSR adalah memperkuat keberlanjutan perusahaan itu sendiri dengan jalan membangun kerjasama antar stakeholder yang difasilitasi perusahaan tersebut dengan menyusun program-program pengembangan masyarakat di sekitarnya. Ada enam kecenderungan utama yang semakin menegaskan arti penting CSR, yaitu meningkatnya kesenjangan antara kaya dan miskin, posisi negara yang semakin berjarak kepada rakyatnya, semakin mengemukanya arti kesinambungan, semakin gencarnya sorotan kritis dan resistensi dari publik yang terkadang bersifat anti-perusahaan, tren ke arah transparansi, harapan bagi terwujudnya kehidupan yang lebih baik dan manusiawi.
Lantos menggunakan klasifikasi Carrol sebagai dasar untuk melihat pelaksanaan CSR pada perusahaan yaitu:
1.      Tanggung Jawab Ekonomi
Tanggung jawab ekonomi artinya bahwa tetap menguntungkan bagi pemegang saham, menyediakan pekerjaan yang bagus bagi para pekerjanya, dan menghasilkan produk yang berkualitas bagi pelanggannya.
2.      Tanggung Jawab Hukum
Setiap tindakan perusahaan harus mengikuti hukum dan berlaku sesuai aturan permainan
3.      Tanggung Jawab Etik
Menjalankan bisnis dengan moral, mengerjakan apa yang benar, apa yang dilakukan harus fair dan tidak menimbulkan kerusakan
4.      Tanggung Jawab Filantropis
Memberikan kontribusi secara sukarela kepada masyarakat, memberikan waktu, dan uang untuk pekerjaan yang baik.

B.      JURNAL YANG BERKAITAN


Nama Jurnal
Jurnal Manajemen Keuangan
Judul Jurnal
Pengaruh Corporate social responsibility terhadap persepsi Financial performance dengan cutomer satisfaction sebagai variabel mediasi pada jasa perbankan di Indonesia
Nama Penulis
Farah Margaretha dan rara ajeng pambudi
Tahun jurnal
2014
Volume, halaman
Volume 3 nomor 2
Variabel
Social responsibility service, customer satisfaction dan persepsi financial performance
Metode penelitian
Seluruh variabel diukur dengan skala likert
Tujuan penelitian
1.      Untuk mengetahui pengaruh dari corporate social responsibility terhadap customer satisfaction
2.      Untuk mengetahui pengaruh dari corporate social responsibility terhadap customer satisfaction
Hasil penelitian
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara corporate social responsibility  dengan , customer satisfaction secara langsung, adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara antara corporate social responsibility  dengan , customer satisfaction dengan financial Performance secara langsung serta adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara antara corporate social responsibility  dengan financial performance dimediasi oleh customer satisfaction




                                                                             
Nama Jurnal
Jurnal Manajemen Keuangan
Judul Jurnal
Pengaruh Corporate social responsibility terhadap persepsi Financial performance dengan cutomer satisfaction sebagai variabel mediasi pada jasa perbankan di Indonesia
Nama Penulis
Farah Margaretha dan rara ajeng pambudi
Tahun jurnal
2014
Volume, halaman
Volume 3 nomor 2
Variabel
Social responsibility service, customer satisfaction dan persepsi financial performance
Metode penelitian
Seluruh variabel diukur dengan skala likert
Tujuan penelitian
1.      Untuk mengetahui pengaruh dari corporate social responsibility terhadap customer satisfaction
2.      Untuk mengetahui pengaruh dari corporate social responsibility terhadap customer satisfaction
Hasil penelitian
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara corporate social responsibility  dengan , customer satisfaction secara langsung, adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara antara corporate social responsibility  dengan , customer satisfaction dengan financial Performance secara langsung serta adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara antara corporate social responsibility  dengan financial performance dimediasi oleh customer satisfaction




REFERENSI :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar